Senin, Desember 31, 2007

MINUMAN RINGAN BANYAK KHASIAT


Wedang Alang-alang

Minuman Ringan Banyak Khasiat


Senja baru saja menelisik di balik mega. Gelap pun kini menyelimuti Kota Kretek yang penuh dengan warna dan warni. Apalagi, pada malam minggu, paling enak bersantai bersama keluarga atau do’i.

Ada yang makan malam di restaurant atau bahkan di rumah makan padang. Tapi di warung tenda Hermanto (49), jauh lebih mengasyikkan, selain bisa duduk santai sambil menikmati hidangan makanan kecil, warung yang terletak di Jl. HM. Basuno 18 A Kudus ini, selain menjadi tempat santai, bisa juga sebagai klinik pengobatan, ya, karena warung ini satu-satunya di Kudus yang mempunyai resep Wedang Alang-alang.

Herman (sapaan akrab Hermanto) mengaku memperoleh resep ini dari ibunya “Sebenarnya wedang alang-alang ini adalah obat panas dalam” tuturnya. Bahan dasarnya terbuat dari Serey, Pace yang sudah matang, akar rumput alang-alang dan gula batu. Selain itu, ada resep lain yang tidak mau diungkapkan oleh Herman “karena rahasia perusahaan mas,” katanya sembari tertawa kecil.

Warung yang berdir di emper toko dan berdinding kain ini, buka mulai pukul 18.00 s/d 01.00 WIB. “Tapi terkadang jam 21.00 Wib sudah tutup mas, karena banyak pembeli,” ceritanya kepda Info Kudus 13 Agustus 2007 malam.

Selain obat panas dalam, Wedang Alang-alang juga berkhasiat mengencerkan kencing, buang air besar dan pegel linu. Dengan merogoh kocek Rp. 1.500 anda bisa menikmati wedang alang-alang sambil berobat.

Bukan hanya Wedang Alang-alang lho, tapi, Jahe Bening buatan Herman juga dapat menyembuhkan masuk angin. Yang paling berkesan lagi, sehabis membayar, pengunjung selalu di do’akan “enjang-enjang mriki maleh, taseh sadean” (besok ke sini lagi, masih jualan). Bagi Herman, ini termasuk do’a, karena dengan begitu, kalau yang di do’akan mendapat rizqi banyak, bisa kembali membeli dagangannya lagi, atau paling tidak, orang tersebut bisa membagi-bagi rizqinya pada orang lain.[] Nasrur

0 komentar:

Template Design | Elque 2007